Minggu, 15 Februari 2015

Macam Macam Gudeg Jogja

                 GUDEG JOGJA

(Gudheg: bahasa jawa) merupakan salah satu olahan makanan khas Jogja, oleh karena itu banyak orang menyebutnya dengan gudeg Jogja. Gudeg Jogja terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam agar rasanya kuat. Warna coklat pada olahan makanan ini biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.
Gudeg sendiri memiliki beberapa varian, antara lain gudeg kering, basah dan solo. Gudeg kering biasanya disajikan dengan areh kental dan jauh lebih kental apabila dibandingkan dengan santan yang ada di masakan Padang. Apabila pada gudeg kering arehnya sangat kental, maka pada gudeg basah berlaku sebaliknya. Gudeg basah disajikan dengan areh yang encer (cair). Varian yang terakhir adalah gudeg Solo, yaitu gudeg dengan areh yang berwarna putih. Buat anda yang ingin berwisata atau sedang berada di Jogja, berikut rekomendasi tempat yang bisa menjadi acuan untuk menikmati gudeg di kota Jogja.
Quote:1. Gudeg Bromo
Spoiler for gudeg bromoImage result for Gudeg Bromo khas jogja
Gudeg Bromo atau yang biasa dikenal dengan nama Gudeg Bu Tekluk (Thekluk), menyajikan gudeg basah dengan areh yang gurih dipadu dengan sambal krecek yang pedas. Gudeg ini berdiri sejak tahun 1984 dan berada di Jalan Gejayan. Gudeg Bromo buka mulai jam 23.00, dan biasanya langsung disambut dengan banyak pengunjung. Ada yang unik pada gudeg ini, sang penjual sering tertidur saat melayani pembeli, baik itu saat memberikan nasi atau memberikan uang kembalian. Hal inilah yang menyebabkan Gudeg Bromo disebut Gudeg Bu Tekluk, Tekluk dalam bahasa Indonesia berarti tertidur sesaat.
Quote:2. Gudeg Pawon

Spoiler for gudeg pawon: Image result for Gudeg Pawon khas jogja

Gudeg Pawon dirintis oleh almarhumah Mbah Prapto Widodo sejak tahun 1958. Awal mulanya, gudeg ini dijual oleh belia di Pasar Sentul, namun pembeli justru banyak yang datang sebelum gudeg tersebut dibawa ke pasar. Semakin hari pemebeli semakin datang lebih awal untuk membeli gudeg ini, bahkan jam 12 pun sudah ada yang datang. Baru akhirnya pada tahun 2000 beliau memutuskan untuk menjual gudeg buatannya di rumah dan tidak lagi di pasar. Gudeg yang buka sejak jam 22.30 ini sekarang telah dilanjutkan oleh kedua anak dan menantu beliau.
Pawon dalam bahasa Indonesia berarti dapur, dinamakan gudeg Pawon karena para pecinta kuliner harus rela antri untuk mengambil gudeg yang telah disediakan di dapur. Bagi anda yang ingin menyantap gudeg ini, usahakan datang sebelum dibuka. Gudeg ini berlokasi di Jl. Janturan No. 36-38 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.
Quote:3. Gudeg Mercon

Spoiler for gudeg mercon:

Bagi anda penikmat masakan pedas, tidak ada salahnya untuk mencoba Gudeg Mercon. Gudeg yang biasanya identik dengan rasa manis diubah oleh ibu Ngatinah sehingga tercipta sensasi pedas. Gudeg yang berukuran 2×1,5 meter ini berada di tepi Jalan Kranggan dengan atap tenda sederhana. Gudeg yang telah berdiri sejak 20 tahun yang lalu ini selalu dimasak oleh Ibu Nagtinah sendiri. Seperti kebanyakan penjual gudeg lain, tempat ini pun buka pada saat malah hari yaitu pada jam 21.00wib. Pengunjungnya pun tak hanya datang dari masyarakat sekitar, bahkan beberapa artis ibu kota pernah mampir ke tempat ini untuk menyantap hidangan lezat nan pedas ini.
Quote:4. Gudeg Jogja Bu Slamet (Batikan)
Spoiler for gudeg batikan: Image result for Gudeg Jogja Bu Slamet (Batikan) khas jogja
   Beberapa penjual gudeg memang biasa buka larut malam, namun bukan berarti gudeg hanya bisa ditemui pada saat itu saja. Gudeg Jogja Bu Slamet contohnya, gudeg ini buka dari jam 18.00wib hingga jam 01.30wib dini hari. Gudeg Jogja Bu Slamet biasa dikenal dengan gudeg Batikan. Hal ini dikarenakan tempat berjualan gudeg tersebut berada di Jl. Batikan No.82, Yogyakarta. Selain dipadati oleh pengunjung local dan pelancong, tak jarang gudeg ini didatangi oleh artis ibu kota yang datang ke kotaJogja ini.
Quote:5. Gudeg Yu Djum

Spoiler for gudeg yu djum:    Image result for Gudeg Yu Djum) khas jogja
Kawasan Keraton Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata kota Jogja. Tak jauh dari kawasan tersebut terdapat banyak penjual gudeg, tepatnya di Jalan Wijilan. Tempat tersebut mulai ramai oleh penjual gudeg sejak tahun 1942. Salah satu gudeg yang terkenal adalah gudeg Yu Djum, yang berasal dari nama pendirinya yaitu Yu Djuwariah. Yu Djum mulai berjualan gude sejak tahun 1950 dan hingga kini menginjak usia 80 tahun masih setia memasak sendiri gudegnya. Gudeg Yu Djum telah diteruskan secara turun temurun hingga kini generasi keempat. Gudeg ini menyajikan jenis gudeg kering yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Pelancong dapat menyantap gudeg ini di Jl. Wijilan, Jl. Kaliuran km.4 dan Jl. Adisucipto yang semuanya berada di Yogyakarta.
Quote:6. Gudeg Bu Sri

Spoiler for gudeg bu sri :   Image result for Gudeg Bu Sri khas jogja

Sebagai salah satu penikmat kuliner, tidak ada salahnya bagi agan untuk menyantap gudeg Bu Sri. Gudeg ini berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto No.52 dan Jl. Wates km.4,5, Yogyakarta. Gudeg Bu Sri didirikan pada tahun 1988 oleh Ibu Sri di daerah Wirobrajan, Yogyakarta. Tempat ini buka setiap harinya jam 10.00wib hingga jam 24.00wib. Gudeg basah gurih ini tersedia berbagai macam lauk pelengkap, seperti bebek, ayam, telor, ati ampela, brutu.
Quote:Bagi pelancong yang mengunjungi kota Yogyakarta, kurang lengkap rasanya jika tidak meluangkan waktu untuk menyantap gudeg Yogyakarta. Semoga thread ini bermanfaat buat anda yang ingin berkunjung ke kota gudeg Yogyakarta. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar